Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Kristen terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII dan VIII di Sekolah Menengah Pertama Immanuel, Bandar Lampung

Authors

  • Endang Hargiyanti Sekolah Tinggi Teologi Syalom Bandar Lampung Author

Keywords:

pengaruh, kompetensi, profesional, guru Pendidikan Agama Kristen, motivasi belajar, siswa

Abstract

Abstract: The competency of Christian religious teachers greatly influences students’ learning motivation. Highly competent Christian teachers can motivate students to learn. Motivation to learn is very important because it is a factor that causes learning and facilitates learning and learning outcomes. The purpose of this research is to determine whether there is an influence of teacher competence on learning motivation. Christian Religious Education at Immanuel Junior High School in Bandar Lampung influences learning motivation. The population in this study were students in classes VII and VIII at Immanuel Junior High School in Bandar Lampung, with a sample of 240 respondents. To achieve the objectives, the method used in this research is quantitative. It is called quantitative because research data is in numbers, and analysis uses statistics. Based on the research results, it can be concluded that there is a significant influence between teacher competency variables and student learning motivation. The power of teachers' professional competence can influence student learning motivation by 43.9%. 
  
Abstrak: Kompetensi guru agama Kristen sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Guru agama Kristen yang berkompetensi tinggi dapat memberi motivasi belajar kepada siswa. Motivasi belajar sangat penting karena menjadi faktor penyebab belajar, memperlancar belajar dan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kompetensi guru terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Kristen di Sekolah Menengah Pertama Immanuel Bandar Lampung terhadap motivasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII di Sekolah Menengah Pertama Immanuel Bandar Lampung dengan sampel sebanyak 240 responden. Sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Dinamakan kuantitatif karena data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kompetensi guru terhadap motivasi belajar siswa. Pengaruh kompetensi professional guru mampu memengaruhi motivasi belajar siswa sebesar 43,9%.

References

A.M, Sadirman. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rajawali Press). 2009

Adhila Shanahan, Debby. Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Pekanbaru, FTK, UIN SUSKA RIAU). 2017

Bolhke. Robert. R. Sejarah Perkembangan Pikiran dan Parktek Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPk Gunung Mulia). 1991

B. Uno, Hamzah. Teori Motivasi dan Pengukurannya, (Jakarta: PT. Bumi Aksara). 2013

Dalyono, M. Psikologi Pendidikan. (Jakarta: PT. Rineka Cipta). 2009

Darsono, dkk. Belajar dan Pembelajaran, (Semarang: IKIP Semarang Press). 2009

Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: Rineka Cipta). 2009

Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: PT Rineka Cipta). 1999

Djamarah, Syaiful Bahri. Guru dan Anak Didik Dalam Inteaksi Edukatif, (Jakarta: Rineka Cipta). 2005

Frimar Lesi Ayu, Gita dkk. Analisi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 16 Palembang, e-ISSN:2620-8504 p-23557176, Vol. 6). 2019

Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. Konsep Strategi Pembelajaran, (Bandung: PT. Refika Aditama). 2012

Homrighausen, E.G. dan H. Enklaar. Pendidikan Agama Kristen, (Jakarta: BPK Gunung Mulia). 2005

Iskandar. Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. (Jakarta: Referensi). 2012

Kunandar. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan (KTSP) dan sukses dalam Sertifikasi Guru, (Jakarta: Rajawali Press). 2009

Lilik Kristiono, Paulus. Prinsip &Praktik Pendidikan Agama Kristen, (Yogyakarta: Yayasan Andi). 2006

Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran, (Bandung: PT REmaja Rosda Karya). 2006

Mulyasa, E. Menjadi Guru Profesional, (Bandung: Rosda Karya). 2008

M. Nainggolan, John. Menjadi Guru Agama Kristen, (Jawa barat: Generasi Info Media). 2007

Mulyasa, Enco. Menjadi Guru Profesional, (Bandung: PT Remaja Rosda Karya). 2005

Muhammad Syarif Sumantri. Strategi Pembelajaran Teori Praktek Diangkat Pendidikan Dasar, (Jakarta: Rajawali Pers). 2015

Nurdin, Syafrudin. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum, (Jakarta: Quantum Teaching). 2005

Nuhamara, Daniel. Pembimbing PAK, (Bandung: Jurnal Info Media). 2007

Oemar Hamalik. Kurikulum Dan Pembelajaran. (Jakarta: PT Bumi Aksara). 2013

Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: PT. Bumi Aksara). 2010

Purwodarminto. Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka). 1999

Reymond, J. Wlodski dan Yaynes, Jodith H, Hasrat untuk Belajar: Membantu Anak-anak Termotivasi dan

Mencintai Belajar, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar). 2004

Ridwan. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian, (Bandung: Alfabeta, 2011

Sanjaya, Wina Sanjaya. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Kencana). 2009

Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: PT Raja Gravindo Perssada). 2009

Satori, Djam’an dan Aan Komariah. Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Alfabeta). 2013

Sidjabat, B.S. Menjadi Guru Profesional Sebuah Perspektif Kristiani, Bandung: 1999

Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods), (Bandung: Alfabeta) 2015

Suryabrata, Soemardi. Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif Dalam Penelitian Psikologis: Isu dan Presspektif, (Yogyakarta: Rake Press). 2004

Syah, Muhibbin Syah. Psikologi Belajar, (Jakarta: Rineka Cipta). 2013

Talaumbanua, Fo’arota. Pengelolaan Data Penilaian Perbandingan Dan hubungan, (Jakarta: Fakultas Kegunaan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Indonesia). 2005

Tilaar, H.A.R. Membenahi Pendidikan Nasional, Jakarta: PT Rineka Cipta2002

Tifani, Nita. Pengaruh Kinerja Guru Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sdk Penabur Bandarlampung, Manajemen Magister, Vol. 02. (Bandar Lampung). 2016

Downloads

Published

2024-01-12